Dewan Ikan Hias Akan Dideklarasikan di Malang

Dewan Ikan Hias Akan Dideklarasikan di Malang

Ali Anwar (koperasiikanhiasbekasi.wordpress.com)

JAKARTA–Sudah sebulan ini, komunitas yang berhubungan dengan ikan hias Indonesia tengah menggodok pembentukan Dewan Ikan Hias Nasional Indonesia di Museum Ikan Hias Air Tawar Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Bila sudah matang, Dewan Ikan Hias Nasional Indonesia segera dideklarasikan. “Rencananya, Dewan Ikan Hias akan deklarasi di Malang, Jawa Timur, 21 Februari 2011,” kata Pensihat Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan, Maxdeyul Sola, saat memimpin pertemuan, Jumat (28/1/2011).

“Kita akan membentuk tim inti untuk merumuskan semua komponen yang berkaitan dengan keorganisasian, seperti Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga,” ujar Sola.

Sola mengungkapkan, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, berpesan agar Dewan Ikan Hias dikelola oleh kepengurusan yang independen, tidak bisa dikendalikan oleh kekuatan partai politik. “Bukan didikete, bukan pokoke,” katanya.

Sekretaris Koperasi Peternak Ikan Hias Candrabhaga Kota Bekasi, Ali Anwar, menyambut pembentukan Dewan Ikan Hias. “Sebuah langkah cepat yang harus didukung,” kata Ali.

Persoalannya, kata dia, apakah deklarasi yang akan digelar pada 21 Februari sudah mewakili semua komponen komunitas ikan hias, mulai dari peternak, pedagang, eksportir, sampai hobiis. “Kapan membentuk kepengurusan di tingkat provinsi, kota, dan kabupaten?,” ujarnya.

Ali sependapat dengan tekad yang akan menjadikan dewan ini sebagai organisasi yang independen. Namun, Ali pesimistis dewan ikan hias akan menjadi organisasi yang benar-benar independen.

“Biasanya, pada tahap awal pembentukan amsih independen, tapi setelah besar dan terbentuk di daerah-daerah, akan dimanfaatkan oleh orang-orang politik sebagai kuda tunggangan politik,” kata Ali.

Direktur Produksi Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Iskandar Ismanadji, mengatakan penyelenggaraan deklarasi dewan ikan hias di Malang, karena di Malang sudah ada forum ikan hias. “Mereka bersedia menjadi tuan rumah,” kata Iskandar.

Malang, kata dia, direncanakan hanya untuk deklarasi. Adapun pembahasan AD/ART dewan ikan hiasa, akan dibahas dalam forum kongres paska deklarasi. “Deklarasinya di Malang, kongresnya bisa saja di Jakarta atau tempat lain sesuai kesepakatan,” ujarnya.

Iskandar sependapat dengan Sola dan Ali agar dewan ikan hias murni independen. “Tidak boleh menjadi tunggangan politik,” katanya. Karena bersifat independen, dia menambahkan, keanggotaannyapun independen.

“Syaratnya, mendaftar. Jadi, anggotanya siapapun yang berhubungan dengan ikan hias, sifatnya perorangan,” katanya. Adapun para pimpinan organisasi ikan hias yang sudah terbentuk, masuk di jajaran Majelis Pertimbangan Anggota (MPA).

Presiden Asosiasi Pecinta Koi Indonesia (APKI), Budi Widjaja, mempertanyakan keberadaan dewan ikan hias, padahal di sisi lain kini sudah ada Perhimpunan Ikan Hias Indonenesia (PIHI). “Apa tidak tumpang tindih?,” kata Budi.

Dia juga mempertanyakan kepengurusan dan keanggotaan di dewan ikan hias. “Pengurus APKI bisa masuk dalam jajaran MPA, tapi komunitas-komunitas di bawah APK tidak mungkin duduk di dewan. kalaupun masuk, secara pribadi sebagai pengurus dan anggota,” katanya.

Ali Anwar (koperasiikanhiasbekasi.wordpress.com)

Tentang ikanhiasbekasi

Koperasi Peternak Ikan Hias Candrabhaga Kota Bekasi adalah koperasi yang dibentuk oleh para peternak ikan hias yang tersebar di Kota Bekasi, untuk meningkatkan produksi dan tarap hidup anggotanya, mengentaskan kemiskinan, meningkatkan harkat dan martabat, demim kemajuan Bekasi, bangsa, dan negara.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s